pelayanan informasi obat

 


Golongan Obat Keras berdasarkan Abjad


DAMABEN

Indikasi: Diabetik gastroparsis akut & berulang, mual & muntah pasca operasi yg berhubungan dg penggunaan obat-obatan, rasa tdk nyaman pd ulu hati krn refluks esofagitis.


DANALGIN

Indikasi: Meringankan rasa sakit sedang sampai dengan berat misal nyeri kolik dan sakit pasca operasi yang memerlukan kombinasi dengan tranquilizer.


DANOCRINE

Indikasi: Lihat Pada dosis.


DARVON

Indikasi: Vertigo dan pusing pada penyakit /sindrom Maniere; vertigo perifer.


DARYACEF

Indikasi: Pengobatan infeksi yang disebabkan bakteri yang peka pada saluran napas bawah termasuk pneumonia dan bronkopneumonia, Infeksi saluran Kemih bagian bawah termasuk pielonefritis, infeksi kulit dan struktur kulit, infeksi ginekologi berat atau terkomplikasi, septikemia, infeksi intra abdomen termasuk peritonitis dan infeksi saluran empedu. Terapi empirik dari neutropenia febril. Pneumonia berat pada anak usia 2 bln - 16 th. Monoterapi sebelum identifikasi organisme penyebab pada pasien yang beresiko mengalami infeksi campuran aerob-anaerob yang disebabkan oleh Bacteroides fragilis.


DATAN/DATAN FORTE

Indikasi: Meredakan nyeri akut atau kronis seperti nyeri karena trauma, nyeri sendi, nyeri otot, keseleo.


DAXAS

Indikasi: Terapi pemeliharaan sebagai terapi add-on terhadap bronkodilator untuk PPOK berat yang disertai dengan bronkitis kronik pada pasien dewasa dengan riwayat sering eksaserbasi.


DEBOSTIN

Indikasi: Tambahan terhadap diet untuk mengurangi kadar kolesterol total, LDL, apolipoprotein B dan trigliserida yang meningkat pada hiperkolesterolemia primer, hiperlipidemia kombinasi (campuran), dan hiperkolesterolemia heterozigot dan homozigot yang tidak memberi respon adekuat terhadap diet dan terapi non farmakologi lain. Pencegahan komplikasi kardiovaskular: pada pasien hipertensi (= 40 th) dan dislipemia dengan sekurang-kurangnya 3 faktor risiko untuk mengalami kejadian kardivaskular dikemudian hari seperti hipertrofi ventrikel kiri, kelainan EKG, NIDDM, penyakit vaskuler perifer, pasca riwayat kejadian serebrovaskular termasuk serangan iskemik sepintas (TIA) = 3 bulan sebelumnya, mikroalbuminuria/ proteinuria, merokok (rutin menghabiskan 20 batang rokok atau cerutu perminggu pada tahun sebelumnya), rasio kolesterol total/HDL = 6 dan riwayat kejadian penyakit arteri koroner pada hubungan keluarga derajat pertama sebelum usia 55 tahun (pria) atau 60 tahun (wanita): untuk mengurangi risiko penyakit jantung koroner yang fatal dan infark miokard non fatal; stroke; prosedur revaskularisasi, angina pektoris. Pasien anak (10-17 th): sebagai tambahan terhadap diet untuk mengurangi kadar kolesterol total, LDL dan apolipoprotein B pada anak laki-laki dan anak perempuan pasca menarke, hiperkolesterolemia familial heterozigot jika sesudah dicoba untuk dilakukan terapi diet diperoleh hasil: kadar LDL tetap = 190 mg/dL atau = 160 mg/dL dan positif memiliki riwayat keluarga dengan penyakit Kardio vaskular prematur atau punya faktor risiko penyakit kardio vaskular lainnya = 2.


DECAMIDON

Indikasi: Analgesik, antipyretic.


DECAPRIL

Indikasi: Terapi hipertensi dan penyakit jantung kongestif. Menurunkan risiko serangan jantung.