pelayanan informasi obat

 


ZOCOR



DISCLAIMER: All information is must be confirmed before use. Vmedika.com make no claims of the accuracy of the information contained herein; and these suggested doses are not a substitute for clinical judgement. Neither VMedika.com Gateway nor any other party involved in the preparation or publication of this site shall be liable for any special, consequential, or exemplary damages resulting in whole or part from any user's use of or reliance upon this material.

Produsen:

Merck Sharp & Dohme Indonesia PT


Indikasi:

Penyakit jantung koroner: Menurunkan resiko kematian, kejadian vaskular mayor, kejadian koroner mayor dan stroke. Mengurangi kebutuhan terhadap prosedur revaskularisasi koroner, perifer, dan non koroner. Mengurangi resiko rawat inap dirumah sakit karena angina pektoris. Mengurangi resiko berkembangnya komplikasi makrovaskuler perifer. Memperlambat progresivitas aterosklerosis koroner pada pasien hiperkolesterolemia. Hiperlipidemia: tambahan terhadap diet untuk menurunkan kadar kolesterol total, LDL, trigliserida dan apopoprotein B yang meningkat dan untuk meningkatkan HDL pada pasien hiperkolesterolemia familial heterozigot/homozigot atau hiperlipidemia kombinasi, dimana respons terhadap diet dan penanganan non farmakologi lain tidak adekuat. Terapi hipertrigliseidemia dan disbetalipoproteinemia.


Komposisi:

Simvastatin.


Dosis:

Kisaran dosis: 5-80 mg/hr, diberikan sebagai dosis tunggal pada malam hari. Lakukan penyesuaian dosis dengan selang waktu 4 minggu sesuai kebutuhan. Resiko tinggi penyakit jantung koroner atau penyakit jantung koroner yang sudah ada dosis awal lazim: 40 mg/hr sebagai dosis tunggal pada malam hari. Hiperlipidemia dosis awal lazim: 20 mg/hr sebagai dosis tunggal pada malam hari. Dosis awal dapat ditingkatkan hingga 40 mg sebagai dosis tunggal pada pasien yang memerlukan banyak penurunan LDL (>45&%). Hiperkolesterolemia ringan-sedang dosis awal: 10 mg. Hiperkolesterolemia familial homozigot 40 mg/hr pada malam hari atau 80 mg/hr dalam 3 dosis terbagi dari 20 mg, dan 40 mg pada malam hari.


Pemberian Obat:

Berikan dengan atau tanpa makanan. Hindari konsumsi jus grapefruit secara berlebihan (>1 L/hr).


Kontraindikasi:

Penyakit hati aktif atau peningkatan persisten serum transaminase yang tidak diketahui penyebabnya. Hamil dan laktasi. Hipersensitivitas.


Perhatian:

Resiko tinggi miopati atau rabdomiolisis. Peningkatan transaminase serum. Jika nilai transaminase meningkat 3 kali dari batas atas nilai normal secara persisten, hentikan pemberian obat. Dianjurkan tes fungsi hati sebelum terapi dimulai dan secara periodik (semi tahunan) selama 1 tahun terapi atau sampai 1 th setelah peningkatan dosis terakhir pada semua pasien. Pasien yang mengkonsumsi alkohol dan memiliki riwayat penyakit hati. Jika terjadi gejala pada otot dan atau peningkatan yang jelas pada nilai kreatinin fosfokinase, hentikan pemberian obat. Pemberian Zocor pada wanita usia produktif hanya dilakukan jika peluang untuk tidak hamil besar/tinggi. Insufisiensi ginjal berat.


Efek Samping:

Nyeri perut, kembung, konstipasi, astenia, dan sakit kepala. Jarang: hepatitis, sindrom hipersensitivitas.


Interaksi Obat:

Hati-hati jika digunakan bersama dengan antikoagulan kumarin dan kombinasi dengan obat yang menekan sistem imun, gemfibrozil atau niasin dengan dosis yang dapat menurunkan kadar lemak, itrakonazol, ketokonazol, eritromisin, klaritromisin, penghambat protease HIV, nefazodon. Amiodaron, verapamil. Jus grapefruit.


Kemasan dan Harga:

tablet 10 mg x 30 (Rp277,000).


Kategori Kehamilan:

X ( Lihat Detail )


Golongan Obat:

G- Obat Keras (Diperoleh dengan resep Dokter).


Statistik pencarian ZOCOR


1. Total pencarian: 1
2. Lokasi pencarian terbanyak untuk zocor: Sukoharjo,Jawa Tengah,Indonesia