Aplikasi kesehatan lokal rekomendasi tahun 2020

aplikasi digital berbasis kesehatan

Aplikasi kesehatan lokal pada saat ini menjadi salah satu media pilihan bagi pengguna yang memerlukan layanan kesehatan akan tetapi kesulitan karena adanya aturan terkait PSBB serta adanya kekhawatiran akan adanya pendemi covid-19.

Pada kondisi adanya covid-19 yang membuat aktivitas menjadi terbatas, membuat penggunaan handphone menjadi lebih meningkat. Berdasarkan data dari katadata.co.id, penggunaan handphone di indonesia mencapai 92 juta unit. Hal ini sudah tentu menunjukan bahwa di indonesia sudah terbiasa dengan penggunaan aplikasi di handphone.

Penggunaan handphone tidak hanya terbatas untuk penggunaan social media saja akan tetapi pada saat ini sudah merambah sampai kepada belanja kebutuhan sehari-hari, makanan sampai juga kepada bidang kesehatan.

Kondisi yang masih belum menurunnya status penyebaran covid-19 menyebabkan adanya kekhawatiran untuk datang ke fasilitas kesehatan karena takut tertular. Oleh karena itu banyak orang yang menggunakan saranan teknologi informatika dalam melakukan konsultasi kesehatan. Salah satu cara yang digunakan adalah dengan menggunakan aplikasi yang tersedia di handphone.

Sebelum adanya covid-19, berdasarkan data dari Delolite Indonesia hanya sekitar 10% dari penduduk indonesia yang menggunakan aplikasi digital berbasis kesehatan. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet di Indonesia tahun 2017 menyatakan bahwa sebanyak 51% masyarakat yang menggunakan aplikasi kesehatan memanfaatkan untuk mencari informasi kesehatan, dan sebanyak 14,05% menggunakannya untuk berkonsultasi dengan ahli kesehatan. 

Akan tetapi setelah covid-19, penggunaan aplikasi digital berbasis kesehatan dan farmasi mengalami peningkatan. Selama masa penanganan Covid-19 di Indonesia, pemerintah memang mendorong masyarakat untuk memanfaatkan telemedicine sebelum berkunjung ke fasilitas kesehatan. Sebab, pemanfaatan teknologi ini dapat mengurangi potensi penularan penyakit kepada tenaga medis terutama saat alat pelindung diri (APD) masih terbatas.

Aplikasi digital berbasis kesehatan pada saat ini juga semakin berkembang pesat, baik di website, android maupun di IOs. Berikut ini adalah rekomendasi 2 aplikasi digital berbasis kesehatan di tahun 2020 yang kami susun dan menurut kami dapat menjadi rekomendasi bagi anda yang ingin menggunakan aplikasi digital berbasis kesehatan. Tentu saja rekomendasi kami bisa berbeda dengan yang lain akan tetapi dapat anda gunakan sebagai salah satu referensi untuk anda. Kami juga bukan merupakan affiliasi dari aplikasi digital berbasis kesehatan yang kami tampilkan. Semua keterangan yang kami berikan adalah pendapat kami pribadi dengan tanpa maksud apapun.

Aplikasi kesehatan Halodoc

Haldoc bisa dikatakan adalah sebagai layanan yang paling dikenal untuk kategori aplikasi digital berbasis kesehatan. Platform dari Halodoc cukup lengkap, dimana ada platform berbasis website, android dan juga IOS.

Untuk platform website dari Halodoc anda dapat mengunjungi link website https://www.halodoc.com dan anda akan melihat fitur-fitur layanan dari Halodoc yang bisa digunakan di website tersebut.

rekomendasi-aplikasi-digital-berbasis-kesehatan

Untuk mendapatkan informasi terkait dengan obat dan vitamin, pada website Halodoc anda cukup meng-klik menu Obat&Vitamin dan akan ditampilkan obat dan vitamin berdasarkan kategori yang disusun oleh Halodoc. Kategori yang ditampilkan cukup lengkap dan pada saat anda memilih kategori obat tersebut akan tampil jenis-jenis obat dan vitamin sesuai kategori.

rekomendasi-aplikasi-digital-berbasis-kesehatan

Untuk mengetahui detail dan keterangan dari obat maka anda dapat meng-klik gambar dari obat. Jika anda ingin membeli obat dan vitamin tersebut maka anda dapat memilih tombol Tambah dan akan muncul jumlah yang ingin anda beli, kemudian jika anda ingin melakukan pembelian maka memilih tombol Keranjang dan mengikuti tahapan selanjutnya. Halodoc menggambungkan antara informasi dan juga kemudahan pengguna untuk bisa membeli sehingga menjadi salah satu kelebihan dari Halodoc juga.

Saat kami mencoba melakukan pembelian obat golongan keras juga terdapat fitur untuk melakukan upload resep dokter. Hal ini juga sangat baik karena sesuai dengan aturan setiap pembelian obat keras harus disertai dengan resep dari dokter.

rekomendasi-aplikasi-digital-berbasis-kesehatan

Salah satu fitur andalan dari Halodoc adalah layanan dari konsultasi dengan dokter. Anda dapat melakukan konsultasi dengan dokter di Halodoc pada website dengan memilih menu Tanya Dokter. Sebelum melakukan konsultasi anda akan dimintai nomor telepond dan juga data diri yang perlu anda berikan.

Pada saat kami mencoba fitur ini, respon dari dokter dalam memberikan layanan cukup cepat dan juga untuk pertama kali kami mendapatkan jasa konsultasi gratis yang seharusnya membayar jasa rp 25.000 untuk jasa konsultasi selama 30 menit. Ini menurut kami juga menjadi salah satu keunggulan dari Halodoc.

Pada Halodoc yang berbasis website juga memiliki kami juga dibutuhkan oleh pengguna yaitu mancari lokasi rumah sakit dan juga mencari lokasi dokter terdekat. Untuk menggunakannya juga sangat mudah, cukup dengan menggunakan search text box kemudian memilih tombol Cari. Pada saat mengunakan search text box juga akan diberikan rekomendasi lokasi sehingga memudahkan dalam pencarian.

rekomendasi-aplikasi-digital-berbasis-kesehatan
rekomendasi-aplikasi-digital-berbasis-kesehatan

Secara umum Halodoc menyediakan fitur yang dibutuhkan oleh pengguna untuk yang berbasis website. Halodoc juga menggunakan aplikasi berbasis mobile untuk android dan juga IOS. Pada saat kami mencoba menggunakan Halodoc dari android dan IOS cara penggunaannya hampir serupa dimana pada awalnya seperti biasa meminta anda memasukan nomor telepon dan juga data pribadi yang dibutuhkan oleh Halodoc yang juga serupa dengan saat menggunakan Halodoc di website. Untuk tampilan antar muka pada aplikasi Halodoc baik android dan IOS sangat mirip sehingga menurut kami anda tinggal memilih untuk mendownload sesuai dengan jenis handphone yang anda miliki karena tidak akan berbeda.

Untuk fitur pada website jika dibandingkan dengan fitur pada aplikasi android dan IOS memiliki sedikit perbedaan. Sebagai contoh fitur Toko Kesehatan dan Buat janji RS tidak ada pada versi website akan tetapi pada werbsite akan anda dapatkan setelah anda memilih rumah sakit dan akan ada tombol buat janji yang berfungsi sama seperti versi android dan IOS. Pada saat kami mencoba menggunakan fitur chat dengan dokter tidak lagi mendapatkan layanan gratis akan tetapi mendapatkan diskon harga yang tadinya rp 25.000 menjadi rp 10.000. Hal ini mungkin disebabkan karena kami bukan pertama kali mengunakan fitur chat dengan dokter karena sudah menggunakannya di versi website. Secara umum semua fitur baik versi website maupun aplikasi mobile sama tetapi hanya ditampilkan dengan cara yang sedikit berbeda sehingga sebenarnya anda bisa gunakan semua fitur menggunakan website maupun android dan IOS.

Menurut pendapat kami Halodoc adalah penyedia layanan aplikasi digital berbasis kesehatan yang memiliki fitur yang lengkap dan sangat membantu pengguna untuk mendapatkan layanan kesehatan. Disamping itu dengan platform yang lengkap baik dengan versi website, android dan IOS akan menjadi pilihan bagi pengguna.

Aplikasi kesehatan Alodokter

Aplikasi digital berbasis kesehatan yang juga dukup dikenal adalah alodokter. Sama dengan Halodoc, Alodokter juga menyediakan platform website yang dapat diakses di https://www.alodokter.com. Pada website Alodokter pada bagian atas menampilkan logo dari kemenkes yang menurut kami meningkatkan kredibilitas karena menunjukan ada kerjasama dengan sebuah institusi pemerintahan di bidang kesehatan.

alodokter-website

Pada fitur website di Alodokter pada menu info kesehatan memberikan informasi mengenai penyakit mulai dari A – Z yang kami tidak temukan pada website Halodoc yang menurut kami bisa menjadi keunggulan dari fitur Alodokter. Informasi mengenai obat juga tersedia akan tetapi tidak terkoneksi dengan layanan pembelian obat sebagaimana Halodoc. Alodocter hanya menyediakan informasi mengenai obat kepada pengguna. Untuk Chat dengan dokter tidak bisa dilakukan menggunakan platform website karena pada saat kami mencoba menggunakannya diberikan petunjuk untuk melakukan instalasi aplikasi berbasis mobile baik android maupun IOS. Akan tetapi pengguna tetap dapat melakukan konsultasi dengan menggunakan fitur Tanya dokter dan dapat melakukan konsultasi dengan menggunakan form isian yang disediakan. Untuk dapat menggunakan fitur ini anda harus mendaftar sebagai pengguna dari Alodokter terlebih dahulu.

Pada saat kami menggunakan fitur ini disampaikan bahwa akan menerima jawaban dalam waktu 24 jam. Akan tapi bagi anda yang mungkin ingin mendapatkan jawaban yang lebih cepat maka anda dapat menggunakan Alodokter versi android dan IOS.

Pada saat kami menggunakan Alodokter versi android dan IOS pada saat membuka aplikasi menampilkan logo Alodokter dengan keterangan mitra resmi dari Kemenkes. Hal ini juga dapat meningkatkan kepercayaaan dan juga kredibilitas karena sudah bekerjasama dengan institusi dari pemerintah di bidang kesehatan.

Tampilan Alodokter dan fitur menu versi android dan IOS sangat mirip sehingga pengguna dapat melakukan download aplikasi sesuai dengan kebutuhan dan spesifikasi handphone pengguna. Serupa dengan Halodoc pada saat menggunakan aplikasi diminta untuk login dengan pilihan akses. Kami lebih memilih menggunakan nomor telepon karena lebih simpel akan tetapi anda dapat memilih menggunakan email google atau facebook. Tampilan awal dari Alodokter baik android dan IOS langsung memberikan fitur chat dengan dokter dan gratis jika melakukan konsultasi dengan dokter umum. Pada Alodokter untuk melakukan chat dengan dokter diberikan pilihan dengan kategori spesialisasi dokter sesuai dengan kebutuhan. Untuk harga konsultasi pada saat kami gunakan sedikit lebih mahal dibandingkan dengan Halodoc.

tanya-dokter-alodokter

Pada Halodoc harga chat pada saat kami gunakan rp 25.000 akan tetapi diberikan diskon menjadi rp 10.000 sedangkan di Alodoc pada saat kami gunakan rp 25.000 yang merupakan diskon dari tarif awal yaitu rp 50.000. Akan tetapi menjadi pilihan anda karena untuk konsultasi dengan dokter menurut kami tidak hanya harga akan tetapi juga kecocokan kepada pengguna dengan dokter tersebut. Anda juga dapat melakukan janji untuk konsultasi dengan dokter sesuai dengan kebutuhan anda dengan memilih fitur buat janji. Jangan lupa untuk memberikan akses lokasi pada setting handphone anda kepada aplikasi ini agar dapat memberikan rekomendasi dokter yang praktek terdekat dengan lokasi anda.

Fitur pada Alodokter baik di versi website maupun di versi android dan IOS tidak sebanyak dari Halodoc, akan tetapi fitur dari Alodokter sudah bisa memenuhi pengguna yang ingin menerima layanan kesehatan mengggunakan aplikasi digital. Menurut kami yang menjadi nilai lebih dari Alodokter adalah sebagai mitra resmi Kemenkes yang membuat pengguna menjadi lebih percaya untuk menggunakan Alodoc. Sama dengan Halodoc, pilihan plaform website, android dan IOS menjadi keunggulan dari Alodokter.

Aplikasi digital berbasis kesehatan mana yang lebih baik? menurut kami masing-masing dari aplikasi ini memiliki keunggulan dan kekurangan. Pilihan dikembalikan kepada masing-masing anda. Beberapa tips yang mungkin dapat menjadi pertimbangan anda dalam memilih aplikasi digital berbasis kesehatan adalah :

Dokter yang memberikan konsultasi

Salah satu faktor yang dapat menjadi pertimbangan dalam memilih layanan aplikasi digital berbasis kesehatan adalah dokter yang memberikan konsultasi. Pada umumnya pasien dalam konsultasi kesehatan ada kecocokan dengan dokter tertentu serta terkadang akan mendatangi lokasi dokter walaupun mungkin jauh dari tempat tinggal karena faktor kecocokan tersebut. Dalam memilih maka anda dapat menjadikan hal ini sebagai pertimbangan. Seorang dokter bisa jadi memberikan layanan konsultasi hanya pada aplikasi digital berbasis kesehatan tertentu saja.

Tarif Layanan konsultasi

Tarif layanan yang diberikan juga bisa menjadi pertimbangan dalam memilih aplikasi digital berbasis kesehatan. Mahal atau murah mungkin bisa jadi relatif untuk orang-orang tertentu. Dalam hal ini anda yang menjadi penentu apakah layanan konsultasi ini cukup atau sesuai dengan tarif yang diberikan. Hal yang menjadi pertimbangan juga adalah dalam penggunaan aplikasi digital berbasis kesehatan ini anda tidak perlu datang ke lokasi dokter praktek dimana hal ini juga mengurangi biaya yang juga harus anda keluarkan.

Macam dan jenis layanan

Hal yang juga dapat menjadi pertimbangan dalam memilih aplikasi digital berbasis kesehatan adalah macam dan jenis layanan yang diberikan. Kebutuhan setiap orang sudah pasti berbeda dan bisa jadi layanan yang dibutuhkan tidak disediakan oleh penyedia layanan tapi disediakan oleh penyedia layanan yang lain. Jadi apakah akan menggunakan berbagai macam aplikasi digital berbasis kesehatan? bisa jadi demikian. Pastikan anda melakukan sedikit review terhadap layanan yang diberikan sehingga mendapat kepastian bahwa memang sudh sesuai dengan kebutuhan anda.

Demikian rekomendasi 2 aplikasi digital berbasis kesehatan lokal pada tahun 2020. Semoga bermanfaat dan menjadi panduan anda dalam memilih aplikasi digital berbasis kesehatan.

Tags:

2 thoughts on “Aplikasi kesehatan lokal rekomendasi tahun 2020”

  1. Pingback: Aplikasi digital berbasis farmasi dan fitur yang wajib ada - VMedika

  2. Pingback: Aplikasi digital kesehatan gratis untuk masyarakat dan praktisi - Virtual Medika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *