Aplikasi kesehatan gratis untuk masyarakat dan praktisi

aplikasi-kesehatan-masyarakat-praktisi

Aplikasi kesehatan gratis sudah pasti menjadi pilihan banyak orang meskipun ada versi berbayar. Pilihan gratis sudah pasti menjadi pilihan karena terkadang pengguna aplikasi tidak mau membeli terlebih dahulu sebelum mencoba. Oleh karena itu biasanya aplikasi digital menyediakan model trial atau free dengan batasan fitur tertentu.

Meskipun sudah bisa dipastikan bahwa pada umumnya yang berbayar memiliki kelengkapan fitur, akan tetapi bukan berarti bahwa yang gratis tidak lebih baik, bahkan ada aplikasi digital yang gratis tapi memiliki fitur yang sangat baik.

Aplikasi digital berbasis kesehatan gratis pada saat ini sudah tersedia cukup banyak. Pada artikel sebelumnya mengenai aplikasi kesehatan tahun 2020 kami sudah membahas aplikasi digital tentang kesehatan akan tetapi dari pengembang lokal di Indonesia.

Bagaimana cara mendapatkannya? jawaban yang simple mungkin dengan menggunakan mesin pencarian seperti google. Akan tetapi jika anda tidak mengetahui kata kunci yang harus digunakan maka hasil dari pencarian mungkin tidak seperti yang anda harapkan.

Oleh karena itu dalam pembahasan kali ini kami akan memberikan informasi mengenai 3 (tiga) aplikasi kesehatan gratis yang menurut kami memiliki fitur yang sangat baik meskipun anda dapat menggunakannya secara gratis.

Perlu kami sampaikan bahwa kami bukan merupakan affliasi dari aplikasi kesehatan yang kami tampilkan. Semua review adalah pendapat kami pribadi tanpa untuk maksud apapun selain memberikan informasi kepada anda.

Daftar 3 aplikasi kesehatan gratis

Epocrates

Aplikasi digital pertama yang akan kami sampaikan adalah epocrates. Anda dapat mengunjungi website apocrates untuk mengetahui secara detail dari aplikasi ini. Aprocates sudah berdiri sejak tahun 1998 bergerak dalam penyedia aplikasi digital untuk kesehatan.

aplikasi-digital-kesehatan-apocrates

Fitur yang dimiliki oleh aprocates yang dapat anda gunakan diantaranya adalah fitur Drug Info. Fitur ini akan memberikan layanan berupa tinjauan informasi resep obat dan keamanan untuk ribuan obat merek dan generik. Informasi yang diberikan termasuk dosis dewasa dan anak-anak, kontraindikasi, reaksi merugikan, dan interaksi obat, pemantauan; farmakologi, produsen obat dan perkiraan harga eceran.

Fitur kedua yang dapat anda gunakan adalah Interaction Check. Fitur ini akan memeriksa interaksi yang berpotensi membahayakan antar obat hingga 30 obat merek, generik atau alternatif sekaligus. Rincian interaksi disajikan pada tingkat bahan dapat digunakan untuk membantu anda menentukan komponen obat mana yang perlu disesuaikan, dipantau, atau diganti.

Fitur ketiga yang dapat membantu anda untuk mengenali obat adalah fitur Pill ID. Fitur ini akan membantu anda untuk melakukan identifikasi pil berdasarkan kode cetak dan / atau karakteristik fisik seperti bentuk, warna, dan skor. Hasil dari identifikasi akan ditampilkan dengan daftar kemungkinan kecocokan yang disusun berdasarkan abjad berdasarkan nama obat, termasuk gambar yang dapat diperbesar dengan satu sentuhan pada layar.

Selain ke-tiga fitur tersebut, apocrates juga memberikan fitur akses informasi obat yang dicover oleh ansuransi dan juga calculator dosis obat untuk 600 dosis obat.

Apocrates tersedia dalam platform IOS dan juga Android. Hal ini juga menjadi kelebihan sehingga anda dapat memilih sesuai dengan spesifikasi dari perangkat mobile anda.

BNF

BNF adalah aplikasi digital berbasis kesehatan yang dibuat oleh BNF yang ditujukan untuk National Health Service (NHS) di Inggris. Selain untuk orang dewasa, BNF juga ada yang khusus untuk anak-anak. Untuk informasi lebih detail anda dapat mengunjungi website BNF.

bnf-aplikasi-digital-kesehatan

BNF meng-klaim bahwa aplikasi mereka memiliki desain yang membuat dapat diakses dengan cepat, intuitif, dan mudah digunakan serta memberi anda akses ke informasi obat-obatan yang praktis dan berdasarkan bukti kapanpun dan di manapun anda membutuhkannya.

Fitur yang ada pada BNF diantaranya adalah Search or Browse drugs. Fitur ini akan memberikan anda layanan pencarian obat secara cepat. Fitur ini menurut kami merupakan fitur standar dalam sebuah aplikasi digital untuk kesehatan.

Fitur ke-dua adalah View Drugs Monographs. Fitur ini juga merupakan fitur standar dimana akan memberikan anda informasi mengenai indikasi obat, kontra-indikasi obat dan informasi lainnya.

Fitur lainnya dari BNF adalah Check drug interactions. Fitur ini akan membantu anda memberikan informasi mengenai interaksi antar obat sebagai panduan dalam menggunakan obat.

BNF juga dapat anda download dengan platform IOS dan android sesuai dengan spesifikasi perangkat mobile anda.

SwipeRX

Aplikasi kesehatan ke-tiga adalah SwipeRX. Berdasarkan pemahaman kami aplikasi SwipeRX mungkin adalah aplikasi digital untuk kesehatan yang lebih dikenal oleh banyak orang jika dibandingkan dengan dua apliksi sebelumnya. Untuk detail mengenai SwipeRX anda dapat mengunjungi website SwipeRX. Kelebihannya adalah SwipeRX sudah menyediakan untuk khusus negara Indonesia dimana tidak tersedia untuk ke-dua aplikasi sebelumnya.

swiperx-aplikasi-digital-kesehatan

Fitur yang ada pada SwipeRX hampir serupa juga dengan ke-dua aplikasi sebelumnya yaitu ada pencarian dan informasi obat, interaksi obat. Akan tetapi untuk SwipeRX lebih khusus lagi digunakan oleh praktisi kesehatan dan farmasi khususnya apoteker.

Fitur yang ada di aplikasi ini diantaranya adalah News yang akan memberikan berita terbaru seputar kesehatan dan penelitian serta perkembangan dalam industri farmasi. Selain itu juga mendapatkan informasi mengenai apa saja yang sedang dilakukan oleh praktisi profesional farmasi yang lain.

Fitur selanjutnya adalah Collaboration. Fitur ini membantu anda untuk berkontribusi dan berkolaborasi dengan penggunan yang lain dengan merespon posting dan pertanyaan terkait dengan praktek kefarmasian, layanan kepada pasien dan juga tantangan dalam bisnis kesehatan.

Fitur lainnya adalah Education and CDE/CPE. Fitur ini memberikan modul online gratis untuk CDE. Untuk fitur ini SwipeRX bekerjasama dengan asosiasi dan juga universitas.

Aplikasi digital SwipeRX sama dengan aplikasi digital sebelumnya memiliki pilihan platform IOS dan android yang dapat anda pilih sesuai dengan spesifikasi perangkat mobile anda.

Aplikasi kesehatan gratis mana yang anda pilih?

Dari ke-tiga aplikasi digital kesehatan yang telah kami bahas pada umumnya memiliki fitur-fitur yang sama, yaitu pencarian dan informasi obat dan interaksi obat menjadi fitur standar yang tersedia. Jika melihat dari fitur maka untuk apocrates dan BNF cocok untuk digunakan oleh masyarakat. Sedangkan untuk SwipeRX lebih cenderung untuk praktisi kesehatan seperti apoteker.

Demikian 3 aplikasi kesehatan gratis untuk masyarakat dan praktisi yang dapat kami sampaikan. Mungkin anda memiliki pendapat yang berbeda atau memiliki informasi mengenai aplikasi digital kesehatan selain yang sudah kami sebutkan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *